Thursday, 26 September 2013

XERVAN YANG GALAU

" Ironis kan DOGGY? Mengabaikan orang yang peduli
sama kamu, dan pedulikan orang yang mengabaikanmu."

--- Dio Xervan Lie ---

Wednesday, 25 September 2013

SELAMATKAN SATWA INDONESIA


Didedikasikun untuk seluruh pecinta satwa

SELALU BERSYUKUR



"...Mendingan kamu syukurin apa yang ada padamu, bukannya
malah menggerutu pada penciptamu!"

--- Dio Xervan Lie ---

Jika seseorang nggak bersyukur atas apa yang telah dia punya, sepertinya dia tidak akan bersyukur untuk apa yang akan dia peroleh.

"If a fellow isn't thankful for what he's got, he isn't likely to be thankful for what he's going to get."
Frank A. Clark

www.brainyquote.com
http://www.brainyquote.com/quotes/keywords/be_thankful.html


Monday, 23 September 2013

DICKY, SI CHEF KEREN dan BELAGU III (3 dari 4 )

DICKY, SI CHEF KEREN dan BELAGU  III
Bagian 3 Dari 4 : "Ketika Hal Buruk Menimpa Orang Baik"

   Kenapa Tuhan membiarkan orang-orang baik mengalami penderitaan? 
Jelaskan padaku Xervan!!!
--- CHARISMA WIJAYA ---  

  
   Aku sadar, rasa iri hatiku sebenarnya hanyalah cermin dari egoku sebagai cowok yang nggak mau kalah. Kalau dibanding-bandingin lagi, sebenarnya di kampusku aku juga nggak kalah populer. Dicky memang sudah beberapa kali masuk TV sebagai Chef muda. Charisma boleh cerdas, tampan dan kaya? Tapi aku juga punya reputasi yang baik. Aku lahir dari papaku yang terkenal menjadi konsultan forensik kasus kriminal. Tulisanku sudah dimuat rutin di majalah Zoom-In, Indonesia. Mestinya aku lebih mensyukuri apa yang ada padaku, ketimbang iri pada apa yang dipunyai orang lain. 
     “ Ingat Xervan, membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah akar dari segala penyebab frustasi!” kataku dalam hati. Dengan berat hati, aku harus mengikhlaskan diri melihat Renata masuk dapur dan bergabung dengan 'dayang-dayang' Dicky yang sibuk mencuci piring dan gelas. Dicky tetap tidak membiarkan satu cowokpun masuk dapur. Dia ingin memonopoli cewek-cewek keren tadi.
     “ Kenyang Van?” tanya Charisma yang tiba-tiba muncul di sampingku.
   “ Fiuhhhh! Kenyang banget Kris! Si Dicky emang hebat!“ kataku mencoba menutupi kecemburuanku.
    “ Ehm Van, aku sebenarnya pengin nanya-nanya sesuatu sama kamu nih! Tapi nggak asik kalau ngebahasnya di depan mereka.”
    “ Kenapa nggak asik? Memangnya topik apa?”
   “ Topik yang nggak penting buat orang lain, tapi mungkin penting buat kamu!”
   Aku jadi penasaran. Topik penting apa yang ingin dibahas Charisma? Jangan-jangan dia mau ngaku kalau sebenarnya dia juga suka sama Renata?
   “ Penting ya?” tanyaku.
   “ Kita obrolin di luar sambil ngopi yuk!”
***

    Aku nggak nyangka, walau Charisma nggak dijuluki sebagai penggemar kopi, tapi koleksi kopinya benar-benar luar biasa. Ia membawaku ke sudut ruangan lain yang didesain mirip cafĂ©. Di sana tersimpan beberapa bungkus kopi luwak, kopi Jamaica, dan sejumlah kopi lokal yang lain. Ada juga brand yang populer, seperti Starbucks, dan Millstone. Sisanya adalah brand yang asing bagiku. Seluruh peralatan pembuat kopi juga tersedia di sana. Sesaat kemudian, segelas kopi hitam original tanpa campuran sudah tersedia di depanku. Entah merk apa yang dipilih Charisma, tapi dari keharumannya, aku tahu bahwa kopi ini cukup berkelas. Inilah salah satu daya tarik Charisma yang bikin banyak cewek suka. Walau lebih keren, lebih kaya dan lebih pintar dibanding Dicky, tapi dia bukan tipe cowok arogan.
    “ Pertama Van, aku harus bilang, aku salut dan iri sama kamu!” kata Charisma.
    Aku kaget campur bangga! Charisma punya segalanya, tapi kenapa dia iri padaku? Kedengarannya kayak cerita-cerita novel picisan. Ketika aku iri pada Dicky, Charisma justeru iri padaku. Jangan-jangan Charisma suka pada Renata, tapi nggak kesampaian.
   “ …aku juga iri pada Dicky, Deni dan juga seluruh teman-teman yang kuundang malam ini!” lanjut Charisma.
Ternyata aku bukan satu-satunya orang yang membuat Charisma iri.
   “ Orang mungkin iri denganku karena aku lahir dari keluarga orang kaya. Tapi sejujurnya aku sering iri dengan orang-orang yang sederhana, aku sering berharap bisa seperti mereka.” kata Charisma.
   “ Kamu iri dengan orang yang sederhana dan pengin jadi seperti mereka?”
  “ Jangan salah Van! Aku bukan pengin jadi miskin, tapi aku berharap bisa memiliki cara pandang yang simple! Aku iri dengan siapapun yang bisa berpikir simple, entah dia kaya ataupun miskin!” ujar Charisma.
    “ Aku nggak ngerti maksudmu Kris? Pikiran simple yang gimana sih? Apa cara berpikirmu yang kompleks bikin kamu menderita?” tanyaku.
Charisma tampak kesulitan memberikan jawaban. Sorot matanya mulai memancarkan kegelisahan yang mendalam. Entah apa yang dipendamnya, padahal selama ini dia terlihat selalu ceria.
***
    “ Aku dihantui pertanyaan-pertanyaan yang nggak ada jawabannya. Aku sampai frustasi mikirinnya. Bukannya aku mendapat jawaban, malahan untuk sekedar tahu; 'apa yang jadi pertanyaanku' itupun nggak bisa. ” lanjut Charisma.
    “ Kok jadi filosofis gitu? Sebenarnya kamu baru galau sama siapa sih?” 
Charisma menatapku dengan tajam, siap untuk memuntahkan segala kefrustasiannya.
   “Oke Van! Kamu tadi nyebut-nyebut tentang Tuhan waktu ngobrol sama Renata, iya kan?”
   “ Iya emang!”
   " Kau yakin Tuhan itu ada Van?"
   " Ya! Yakin seratus persen!"
   “ Kalau Tuhan memang ada, kenapa kakakku harus kehilangan suaminya di usia pernikahannya yang masih sangat muda?” 

    Mata Charisma menatapku dengan tajam. Baru kali ini aku melihat Charisma sedemikian frustasi. 
   " Kenapa Tuhan membiarkan orang-orang baik mengalami penderitaan? Jelaskan padaku Xervan!!!"
   Nada suara Charisma memprotesku, tapi ekspresi wajahnya memohon. Dia benar-benar butuh penjelasan yang bisa diterima akal sehat atas kehilangan yang dia rasakan. Inikah pertanyaan yang selama ini menghantuinya? Mulutnya hendak melontarkan lebih banyak gugatan lagi, tapi segala kefrustasiannya tak bisa diungkapkan dengan kata-kata lagi. Kematian kakak iparnya pasti sangat memukulnya.
BERSAMBUNG
Akhir dari Bagian 3 dari 4

Nantikan Bagian 4
Link :




Sunday, 22 September 2013

BERAPA LAMAKAH UMURMU?


Tiap orang sama-sama diberikan 365 hari sepanjang satu tahun.
Tapi mereka tidak diberikan jumlah tahun yang sama sepanjang umur hidupnya.
www.xervanindonesia.com


"Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana." 
-- Nabi Musa --
(Mazmur 90 : 12)

WAKTU SANGATLAH BERHARGA!
JANGAN SIA-SIAKAN WAKTUMU!

-- DIO XERVAN LIE --

Saturday, 21 September 2013

ANJING PERTAMAKU, ANJING TERSAYANGKU

 
"A dog is the only thing on earth that loves you more than he loves himself "
-- JOSH BILLINGS --
www.goodreads.com

" Anjing adalah sahabat terbaik bagi manusia"
-- Anonym --

Didedikasikan untuk seluruh penyayang anjing
www.xervanindonesia.com


Friday, 20 September 2013

LUCUNYA KEBANGETAN

#kesehatan 
Tertawa membantu ssorang mnahan energi negatif saat suasana hati buruk. Endorfin yg dihasilkan saat tertawa membuat prasaan jauh lbih baik..

https://twitter.com/Fakta_Kesehatan

Rasa nyeri atau sakit akan berkurang setelah tertawa.  
Tertawa tidak saja bisa mengurangi rasa sakit tapi juga meningkatkan kekebalan tubuh.
(Rosemary Cogan dari Texas Tech University).


Tertawa terbahak-bahak sangat bermanfaat bagi orang sehat
Tertawa bisa menggoyang-goyangkan otot perut, dada, bahu, serta pernapasan, sehingga membuat tubuh seakan-akan sedang joging di tempat. Sesudah tertawa tubuh terasa rileks dan tenang, sama seperti kalau habis berolahraga. Tertawa melatih diafragma torak, jantung, paru-paru, perut, juga membantu mengusir zat-zat asing dari saluran pernapasan. Tertawa juga sangat ampuh untuk meringankan sakit kepala, sakit pinggang, dan depresi.
(Dr. William Foy dari Stanford University).

www.harmonihidup.com
http://harmonihidup.com/5-fakta-manfaat-tertawa-bagi-kesehatan/ 


Thursday, 19 September 2013

24 JAM TERAKHIR



24 JAM TERAKHIR
"Ketika waktumu telah habis, secerdik apapun kau memperlakukannya, waktumu tetap habis"
--- Dio Xervan Lie ---

Wednesday, 18 September 2013

CUCI OTAK

" Banyak hal kecil yang telah dibuat menjadi besar oleh promo iklan yang tepat "
--- Mark Twain ---

"Many a small thing has been made large by the right kind of advertising." 
Mark Twain

www.brainyquote.com 

NASI SOTO LAMONGAN; Menu yang bikin galau



NASI SOTO LAMONGAN;

Menu yang Bikin Galau

 Better a small serving of vegetables with love than a fattened calf with hatred.”
Proverb 15 : 17 (NIV).

Ketika kau makan semeja dengan orang yang benar-benar kau kagumi, masakan apapun akan terasa sangat nikmat.
--- Dio Xervan Lie ---

     Kamu pernah mencicipi Nasi Soto belum? Ada banyak banget jenis-jenis soto dari berbagai daerah di Indonesia yang memiliki keunikan cita-rasanya masing-masing. Nama menunya biasanya diikuti oleh nama daerah asal soto itu berasal. Beberapa di antaranya misalnya Soto Betawi, Soto Banjar, Soto Makasar, Soto Lamongan, Soto Kudus, dan sebagainya.
Setelah seharian berkeliling di kompleks wisata Taman Sari Yogyakarta bersama Renata, kami berdua sepakat untuk menikmati Nasi Soto Lamongan dan Wedang Ronde sebagai menu makan malam kami. 
    Aku memang suka menu soto, tapi nggak terlalu suka-suka banget. Sebenarnya aku lebih suka Nasi Rawon, tapi sayangnya di rumah makan ini nggak ada menu Nasi Rawon. Akhirnya aku dan Renata tetap pesan Nasi Soto Lamongan.
***
      Yang paling bikin aku nggak ngerti, masakan Soto Lamongan malam itu kok benar-benar bisa luar biasa lezat ya? Aroma kuah sotonya benar-benar kuat menyandera seluruh nafsu makanku. Setiap sendok kuah soto yang mengalir di lidahku terasa benar-benar sempurna bagaikan masakan dewa. Aku masih heran, apa istimewanya sih rumah makan ini? Tukang masaknya juga biasa-biasa saja. Aku jadi penasaran, ada orang lain yang sependapat sama aku nggak ya? Ataukah ini Cuma perasaanku sendiri? Ini bukan pertama kalinya aku makan Nasi Soto Lamongan dengan ditemani cewek cerdas dan cantik kayak Renata lho. Terus kenapa bisa seenak ini ya masakannya?
***

     Tanpa kusadari, makananku sudah habis duluan sebelum Renata. Awalnya Renata kelihatan capek banget waktu masuk rumah makan ini. Muka capek Renata berangsur-angsur lenyap beriringan dengan sendok demi sendok dari Nasi Soto yang dimakannya. Kini wajah cantiknya makin terlihat jelas. Dari caranya makan dan bersopan santun ke pelayan rumah makan, terlihat jelas bahwa Renata adalah cewek yang cerdas, terdidik dan sangat diajari tata krama. 
      Aku nggak akan ungkapin kekagumanku di depannya, tapi sejujurnya aku bahagia banget bisa ngajak dia keluar bareng. Awalnya aku memang cuma mengagumi kemampuan fotografinya, tapi makin ke sini aku mulai sadar, bahwa aku memang suka sama cewek putih yang rambutnya tergerai panjang ini. Bisa jadi sebenarnya aku sudah lama kagum sama Renata, tapi baru sadar sekarang. Apapun perasaanku padanya, moga-moga kita bisa tetap jadi sahabat yang baik.
***
     Meskipun nggak pernah diungkapin, tapi aku tahu bahwa Renata mengira selama ini aku sedang mendekati Chensy. Aku dan Chensy emang teman dekat. Dugaan Renata kalau aku naksir Chensy menurutku keliru. Atau mungkin tiga perempat keliru. Aku nggak tahu juga sih, apakah aku suka sama Chensy atau nggak. Tapi aku tahu satu hal yang pasti; aku memang mengagumi Renata, dan makin lama makin tambah kagum. Yahhh moga-moga saja kebersamaanku dengan Renata bisa terus berlanjut terus di lain waktu. 
 ***
     Mungkin inilah sebenarnya jawaban dari pertanyaanku tadi, kenapa memakan Soto Lamongan di rumah makan ini terasa benar-benar luar biasa enak. Jawabannya ternyata bukan karena kokinya hebat, bukan pula karena resepnya dahsyat. Yang bikin makan malamku asik ternyata karena ada Renata di sampingku. Ketika kau makan semeja dengan orang yang benar-benar kau kagumi, masakan apapun akan terasa sangat nikmat. Aku ingat sebuah kutipan dalam bahasa Inggris;

     “Better a small serving of vegetables with love than a fattened calf with hatred.”
Proverb 15 : 17 (NIV).

     Terjemahannya kira-kira, ‘Lebih baik sedikit sayur disertai dengan cinta kasih, daripada seporsi daging pilihan disertai kebencian’.  Lebih baik bisa makan semeja dengan Renata yang kukagumi biarpun tanpa menu favoritku, ketimbang seporsi penuh menu favorit tanpa ditemani Renata. Tapi ngomong-ngomong, entah suatu saat aku berhasil dapatin Renata atau nggak, dan terlepas dari segala kegalauan dan memori sentimentil yang kualami, Nasi Soto Lamongan tetaplah menu yang pantas kalian coba cicipi. Kalau kalian sempat berkunjung ke Indonesia, cobalah mampir dan nikmati menu Nasi Soto Lamongan.

TAMAT

RESEP SOTO LAMONGAN : 


A.  AYAM :
1 Potongan ayam kampung (kira-kira 800 gram)
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis.
1 potong jahe, ditumbuk
4 cm lengkuas ditumbuk
3 biji cengkeh
garam dapur secukupnya
B. Bumbu-bumbu yang lain :
5 siung bawang merah onion
4 siung bawang putih
½ sendok makan merica
1 sendok makan ketumbar sangrai
6 biji kemiri sangrai
2 cm kunyit
C.  Bahan-bahan tambahan:
50 gr soun, masukkan ke dalam air matang hingga melembut, keringkan.
50 gr kol yang dipotong halus
2 batang seledri yang dipotong halus
2 sendok makan bawang merah goreng
1 sendok makan bawang putih goreng
3 butir telur ayam rebus
Kerupuk, sambal rebus, potongan jeruk nipis.

Cara Membuat:
1. Rebus ayam bersama bahan-bahan pada poin A sampai lunak di atas kompor api sedang. Ambil ayamnya kemudian buat daging ayam disuwir(atau difillet).
2.
Buat 1 liter(atau lebih) kaldu ayam.
3.
Tumis bahan A sampai aromanya harum, tuangkan kaldu ayam, tambahkan irisan seledri, tambahkan bubuk cengkeh, merica dan garam, didihkan.

Penyajian:
Atur dalam mangkuk
bahan-bahan ini berurutan: soun, daging ayam suwir(fillet), irisan telur. Siram dengan kaldu panas, tambahkan irisan seledri.
Sajikan dengan saus sambal, kecap, irisan lemon, dan kerupuk udang.

Naskah : Daniel Hok Lay
Referensi : www.diyhow.info